korpsindonesiamuda.tangerang@gmail.com 083849796899

Pancagiat-Organisasi


PANCAGIAT ORGANISASI


1. PEMUDA BELA NEGARA


 


Pemuda Bela Negara di buat bertujuan untuk terbentuknya sebuah komunitas cinta Bela negara yang memahami arti dan dapat mengimplementasikan Bela Negara dalam kehidupan Pribadi dan lingkungan sehari hari dalam proses Bela Negara.


Pemuda Bela Negara diharapkan siap dan mampu untuk menjadi pelaksana pelopor dan motivator pemuda Indonesia menjadi dari bagian pemuda yang paham dan cinta bela Negara.


Dalam implementasi kegiatannya, Pemuda Bela negara akan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait seperti : Masayarakat Umum, Pelajar, Mahasiswa, Organisasi pemuda dan Organisasi kemasyarakatan lain, lembaga Pemerintah seperti Lemhanas, Kementerian Pertahanan dan Keamanan, dan Kesbangpol di pemerintah Daerah masing-masing.



2. WIRAUSAHA MUDA INDONESIA


 


Wirausaha Muda Indonesia adalah sebuah bidang yang terdapat dalam kepengurusan Korps Indonesia Muda, dimana pengurus dan anggotanya merupakan para pelaku Usaha, baik Usaha mikro, kecil, menengah maupun pengusaha besar dan memberikan kontribusi positif dalam perekonomian masyarakat, membahas dan berdiskusi tentang kewirausahaan serta menjadi motivator tercipta nya wira usaha wirausaha baru di lingkungan sekitar.


Fokus kegiatan selain menjadi katalisator dan penyemangat terbentuknya pengusaha muda, Wirausaha Muda Indonesia juga concern dalam pembahasan 3 (tiga) Hal Pokok dalam kebutuhan para pelaku usaha, yaitu Capital (Modal), Commerce (Pemesaran) dan Competence (Pembinaan).



3. BADAN ANTI NARKOBA



Badan Anti Narkoba adalah sebuah badan atau kelompok Pemuda yang terdapat dalam struktural Korps Indonesia Muda yang berkonsentrasi terhadap upaya pencegahan dan pengawasan penyalahgunaan dan Pengedara narkoba mengadakan penyuluhan akan bahaya narkoba dan menjadi garda terdepan sebagai pemuda yang ikut serta memberantas penyalahgunaan dan pengedaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).


Pada pelaksanaannya Pemuda anti narkoba akan berkoordinasi dengan masayarakat Umum, Pelajar, Mahasiswa, Organisasi pemuda dan Organisasi kemasyarakatan lain, lembaga Pemerintah seperti BNN dan BNNP, Kementerian Pemuda dan Olah raga serta Pemerintah Daerah masing-masing.



4. GENERASI MUDA PEDULI PENDIDIKAN


 


Generasi Muda Peduli Pendidikan (GMPP) adalah salah satu bidang dalam struktural Korps Indonesia Muda. Tujuan di bentuknya GMPP adalah untuk terciptanya sebuah team di dalam struktural Korps Indonesia Muda yang fokus pada seputar dunia pendidikan, seperti, menyoroti masih adanya masyarakat usia belajar yang buta huruf, menyoroti prestasi pendidikan, biaya pendidikan, membentuk tim pengajar lingkungan sekitar, dan yang paling utama adalah menjadi lumbung informasi beasiswa baik untuk tingkat pelajar, Mahasiswa, maupun mahasiswa Pasca sarjana.


Dalam implementasinya Generasi Muda Peduli Pendidikan akan bekerjasama dengan kementerian pendidikan dan dinas pendidikan, civitas akamedika serta lembaga - lembaga pendidikan lain yang sejalan dengan kegiatan Korps Indonesia Muda.




5. BADAN MITIGASI DAN TANGGAP BENCANA



Adalah sebuah perkumpulan di dalam internal Korps Indonesia Muda yang fokus bergerak dalam bidang Mitigasi (upaya pencegahan) dan tanggap bencana. anggota badan mitigasi dan Tanggap Bencana ini berasal dari masyarakat umum maupun dari kelompok - kelompok pecinta alam, dengan sasaran mampu menjadi relawan penyuluhan antisipasi bencana dan relawan yang siap di terjunkan di tempat kejadian bencana.


Dalam implementasi nya, Pemuda Mitigasi dan tanggap bencana akan berkoordinasi dengan Masyarakat umum, Mahasiswa beberapa lembaga terkait seperti BNPB dan Basarnas.